Senin, 06 Januari 2014

Gui, Cli, NUI???

Ya kita telah mengenal 2 user interface yang sangat populer kita gunakan dalam perkembangan telematika dari masa ke masa. Dan kini terdapat User Interface baru yang memang sebenarnya kita telah mengenalnya beberapa tahun kebelakang. Namun banyak dari kita yang belum menyadarinya secara langsung. Jikalau GUI adalah user interface yang memungkinkan kita menggunakan icon/gambar untuk kita dapat berkomunikasi dengan sistem menggunakan alat (mouse), dan begitu pula dengan CLI yang merupakan interface yang memungkinkan kita berinteraksi dengan sistem menggunakan baris demi baris perintah (command line). Maka bagai mana dengan NUI? Apa sebenarnya NUI? Bagaimana kita berkomunikasi dengan sistem menggunakan NUI?

NUI adalah kepanjangan dari Natural User Interface yang merupakan gaya komunikasi baru antara user dengan sistem menggunakan natural command (komando natural / bahasa tubuh). Yaitu menggunakan tubuh manusia sebagai alat komandonya. Dengan kata lain kita dapat berkomunikasi langsung dengan sistem tanpa menggunakan alat/device seperti joystick, keyboard, ataupun mouse. Namun menggunakan alat yang langsung berkomunikasi dengan komando natural dari tubuh kita.

Secara tidak langsung pada abad 21 ini sudah banyak gadget yang berkembang menggunakan NUI. Tablet contohnya, dengan mempergunakan jari kita bisa memberi komando kepada sistem untuk mengerjakan apa yang kita perintahkan. Saat layar disentuh, maka layar tablet akan merespon sentuhan anda kedalam perintah – perintah tertentu sehingga kita dapat mengkomandokan sistem. Sebagai contoh lain pada gadget game NitendoWII yang dimana kita bisa memainkan game tanpa menggunakan konsul game, namun kita menggunakan diri kita sebagai konsulnya. 

Terdengar aneh mungkin. Namun itulah perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Dan saya pribadi pun berharap semakin banyaknya gadget – gadget yang beredar menggunakan gaya komunikasi NUI. Saya berharap para developer tidak hanya memikirkan perkembangan teknologi saja. Namun harapan saya ini sebaiknya dilihat pula kepada sisi kesehatan si pengguna. Jangan sampai NUI yang kita pergunakan secara tidak langsung dapat merusak kesehatan kita secara berkala. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar