Selasa, 13 Maret 2012

Staff (soft skill)


Apa itu staff???

Staff adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu yang membantu pemimpin mereka, biasanya dengan cara memberikan masukan-masukan, dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Staff muncul biasanya karena pemimpin dalam sebuah organisasi sudah tidak dapat lagi memecah semua masalah yang timbul dalam sebuah organisasi tersebut. sehingga pemimpin tersebut membutuhkan orang ahli (staff) untuk membantu. (id.answers.yahoo.com) (yahoo answers)

Lantas apa peranan staff dalam organisasi???
Beberapa peran umum yang normalnya dijalankan oleh para staff adalah:
- Mengumpulkan data berupa fakta-fakta
- Menginterpresentasikan data yang sudah dikumpulkan
- Mengusulkan alternatif tindakan
- Mendiskusikan rencana-rencana yang sedang dipikirkan dengan orang-orang yang terkait
- Mengamati kegiatan-kegiatan operasional
- Mengusahakan memberikan pertukaran informasi kepada operasional
- Memberikan informasi dan nasihat kepada operasional
(cokroaminoto.blogetery.com)

Lalu fungsi staff itu apa???
Seperti yang sudah dijelaskan diawal, secara umum fungsi staff hanyalah membantu pimpinan dengan cara mengerjakan tugas yang diberikan ataupun memberikan masukan-masukan sesuai dengan keahlian masing-masing staff.

Adakah Macam-macam Staff???
Pada dasarnya staff hanya dapat dibedakan menjadi 2 macam:

- Staff penasihat

Dibentuk untuk memberikan saran, bantuan, dan jasa kepada seorang manajer. Staf penasihat juga memberikan saran-saran kepada pimpinan terhadap semua bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawab pimpinan. Apabila diperlukan Manajer dapat menunjuk atau mengangkat staf penasihat dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan.
Agar saran-saran yang diberikan kepada pimpinan merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti kebenarannya, maka saran-saran itu harus digarap melalui suatu proses.

- Staff pelayanan (specialist staff)

Yaitu membantu pimpinan dalam melancarkan tugas-tugas organisasi, dalam memberikan pelayanan untuk seluruh lini dan unsur organisasi. Fungsi utama staf pelayanan adalah memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan-kegiatan operasional, bukan memberikan saran atau pertimbangan. (ut.ac.id)

ref: <id.answers.yahoo.com> <13/03/12 15:00>

<cokroaminoto.blogetery.com> <13/03/12 15:00>

<ut.ac.id> <13/03/12 15:00>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar