Kamis, 27 Maret 2014

Berat Badan Ideal

Berat badan ideal adalah idaman semua orang. Berat yang ideal sangat berpengaruh dari berat badan, tinggi badan seseorang. Tak jarang beberapa orang sampai rela untuk diet ekstreme guna menyesuaikan antara berat badan dan tinggi badan orang tersebut, agar dikatakan berat badan ideal. Mulai dari mengurangi jatah makan, diet rendah lemak, menjadi vegetarian, mengikuti pelatihan – pelatihan tertentu. Sampai mengkonsumsi obat diet. 

Dalam dunia kedokteran pengkonsumsian obat diet dan pembatasan jatah makan dalam kasus tertentu sangat berbahaya. Karena hal ini dapat memicu menipisnya sel dinding lambung karena tingkat keasaman lambung naik akibat kurangnya konsumsi makanan. Lain dari pada itu secara tidak langsung ususpun akan menjadi terganggu, karena siklus pencernaan menjadi tidak baik. 

Hal yang paling baik adalah berolah raga teratur dan mengkonsumsi makan – makanan yang sehat, dan hindari merokok dan alkohol guna mengatur berat badan dan agar badan tetap sehat. Adapun untuk menghitungnya adalah  (BMI/body mass index) :

Berat badan (kg) / (tinggi badan (m)^2) = berat badan / (tinggi badan * tinggi badan)

Jika hasil :

< 18, 5 = kurus
18,5 – 24,9 = normal
25 – 29,9 = gemuk
30 – 34,9 = obesitas 1
35 – 39,9 = obesitas 2
40 = obesitas 3 

sumber : http://www.mymealcatering.com/about/bmi-calculator 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar