Kamis, 27 Maret 2014

Euthanasia

Euthanasia 

Dalam ilmu kedokteran euthanasia berarti tindakan agar kesakitan yang diderita seseorang yang akan meninggal diperingan. Hal ini juga berarti mempercepat kematian seseorang yang ada dalam kesakitan dan penderitaan hebat dalam menjelang ajalnya. 

Umumnya pasienlah sendiri yang meminta untuk euthanasia. Pasien - pasien ini adalah pasien dimana pengidap penyakit tahap akhir. Atau yang kemungkinan harapan untuk bertahan hidupnya kecil.

Dalam ilmu kedokteran sendiri terdapat 2 macam euthanasia :
1.       Euthanasia aktif
Yaitu tenaga kesehatan yang memberikan intervensi aktif yang dapat menyebabkan kematian seorang pasien. Misalnya dengan memberikan obat tertentu.
2.       Euthanasia pasif
Yaitu ketika dimana tenaga kesehatan tidak melanjutkan atau memberikan pengobatan yang diperlukan pasien untuk menjaga agar pasien tetap hidup.

Memang sejatinya hidup dan matinya seseorang tergantung atas kuasa sang pencipta. Keadaan dimana kita melampaui apa – apa yang ditentukan oleh tuhan adalah dosa besar. Namun inilah fakta. Terdapat beberapa negara yang melegalkan euthanasia sebagai solusi terakhir. Negara – negara tersebut seperti amerika serikat, jepang, belanda, dan lexemburg.

sumber : http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/read/2014/03/27/15032156/pro-kontra-euthanasia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar