Kamis, 27 Maret 2014

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan



Manggis (Garcinia mangostana L) adalah jenis buah – buahan yang termasuk kedalam keluarga clusiaceae. Buah yang memiliki kulit berwarna merah serta dagingnya berwarna putih ini sangat manis jika dimakan. Didalamnya terdapat kandungan – kandungan yang sangat menyehatkan. Seperti vitamin c dan vitamin B Kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, para peneliti belakangan ini justru berbalik arah untuk meneliti kulitnya sebagai salah satu obat yang memiliki jutaan manfaat bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan didalam kulit manggis ternyata memiliki kandungan xamthone yang merupakan komponen utama kulit manggis. Xamthone ini merupakan senyawa polifenol yang merupakan senyawa langka. Xamthone memiliki berbagai macam manfaat diantaranya sebagai anti inflamasi dan anti alergi. Selain itu dari buah manggis utuh terdapat pula komponen – komponen lain yang berguna untuk tubuh seperti polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin.

Untuk cara mengkonsumsi manggis ataupun kulitnya, kita bisa memilih berbagai alternatif cara. Seperti mengkonsumsi jus kulit manggis, ataupun banyak pula sekarang yang sudah diekstraksikan kedalam kapsul.

Untuk membuat jus nya adalah dengan cara Caranya dengan mencuci bersih kulit 2 buah manggis, kemudian direbus dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Anda juga bisa mengolah jus buah manggis seperti membuat jus pada umumnya. Bila kurang manis, Anda bisa menambahkan madu.

Adapun manfaat yang didapat dari kulit manggis seperti :
1.       Mengobati sariawan
2.       Mengatasi diare
3.       Anti kanker, sebagai penghambat dan juga penghancur sel – sel kanker
4.       Mencegah penyakit jantung

Namun bagi anda yang ingin mencoba mengkonsumsi kulit manggis, sebaiknya sedikit berhati – hati. Karena kulit manggis juga memiliki effek yang kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus. Seperti alergi ringan, nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, mual, insomnia, dan jantung berdebar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar