Rabu, 03 April 2013

Peralatan – peralatan yang sangat dibutuhkan saat mendaki gunung



Peralatan – peralatan yang sangat dibutuhkan saat mendaki gunung :
1.       Carrier
Digunakan sebagai tas untuk memasukan barang-barang yang dibutuhkan selama pendakian. Jika pendakian dilakukan tanpa menginap, maka dapat mempergunakan day pack sebagai pengganti carrier. Sebaiknya pilih carrier yang dapat berposisi tegak saat didirikan, berbahan kuat, jangan memilih carrier yang terlalu besar dibandingkan dengan tubuh, memiliki banyak sekat, dan pilih carrier yang memiliki busa penyanggah pada pundak, tulang punggung, dan pinggang.
2.       Tenda & penutup tenda
Sesuaikan tenda dengan kondisi medan, dan jumlah kawan pendaki. Tenda yang bagus adalah tenda yang dapat berdiri tegak saat dibangun, dan kuat pada tiang penyangga, dan memiliki pasak yang bagus. Serta jangan lupakan bawalah penutup tenda agar jika saat hujan, air hujan tidak tembus kedalam tenda. (penulis rekomendasikan menggunakan plastic cor-an)
3.       Logistic & air
Pilihlah logistic yang tidak susah untuk dibuat, tidak pedas, tidak asam, dan cukup untuk mengisi perut. Jangan membawa logistic terlalu banyak, karena akan merepotkan anda saat pendakian. Bila anda memilih mie instant sebagai logistic anda, sebaiknya pertimbangkan dengan air. Karena mie instant membutuhkan air untuk merebus, serta menyerap banyak air dalam tubuh sehingga anda akan cepat haus. Bawalah buah secukupnya untuk asupan nutrisi anda (saran penulis 1buah apel/hari). Bawalah gula-gula dikantong anda seperti coklat, gula merah, gula pasir sebagai emergency jika anda sangat lemas saat pendakian. Karena gula-gula sangat cepat untuk menambah kalori dan tenaga. Untuk air bawalah sebanyak mungkin jika memang pada track pendakian tidak ditemukan mata air. Namun jika banyak mata air maka bawalah drigen untuk refil saat menemukan mata air. Jangan paksakan diri untuk mendaki lebih jauh jika anda mengalami dehidrasi berat. Karena sangat berbahaya.
4.       Nesting (alat masak), kompor, korek gas
Direkomendasikan untuk memilih nesting yang bisa ditumpuk. Karena akan mempercepat proses masak. Pilihlah kompor gas mini berserta tabung mininya. Dan jangan lupakan membawa korek gas.
5.       Baju tebal
Bawalah baju tebal secukupnya. Karena kondisi dingin gunung akan menghambat sekali pendakian anda. Jangan paksakan diri anda jika anda mengalami hipotermia. Direkomendasikan membawa baju tebal/jacket tebal yang berlapiskan waterproof.
6.       Ponco/jas hujan
Digunakan saat hujan turun pada saat anda mendaki. Lihat kondisi track dengan seksama. Jika tidak memungkinkan untuk mendaki saat hujan, maka jangan paksakan diri anda. Karena kondisi track yang licin akan sangat berbahaya.
7.       Matras
Selain sebagai penegak carrier, matras sangat berguna untuk alas pada tenda. Karena kondisi tanah malam hari sangat dingin. Lapisilah bagian dalam tenda anda dengan matras.


8.       Sleeping bag
kondisi dingin gunung akan membuat anda menggigil kedinginan. Untuk itu pakailah sleeping bag saat tidur agar tubuh anda tetap hangat.
9.       Sepatu gunung & cadangan
Pakailah sepatu gunung yang kuat. Lebih baik sol lah sepatu anda jauh-jauh hari sebelum anda naik gunung untuk memastikan sepatu anda sudah kuat. Dan bawalah cadangannya. Jika anda merasa terlalu berat, anda dapat menggunakan sendal gunung sebagai cadangan.
10.   Obat-obat pribadi
Bawalah obat-obat pribadi anda. Jika anda merasa kurang fit, jangan paksakan anda untuk mendaki.
11.   Pisau kecil
Digunakan untuk memasak dan memotong dahan dan ranting jika ada ranting yang menghalangi track saat anda mendaki.
12.   Senter
Sangat penting jika hari mulai gelap. Pilihlah senter yang terang. Bawalah senter dan batrai cadangan. Direkomendasikan menggunakan headlamp.
13.   Trashbag
Selain untuk menutupi pakaian anda dalam carrier agar tidak basah saat hujan. Trashbag digunakan untuk tempat sampah-sampah logistic yang anda konsumsi.
14.   Kompas dan peta track
Sebagai penunjuk jalan saat emergency

Catatan : peralatan-peralatan lain disesuaikan dengan kondisi track, cuaca, dan jumlah teman pendaki. Sebagai contoh pada beberapa gunung tertentu yang berpasir sangat dibutuhkan masker untuk pelindung dari debu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar