Rabu, 03 April 2013

Resiko penyebab kanker hati



Resiko penyebab kanker hati

Hati merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Letak hati berada di bagian perut kanan atas yang dilindungi oleh sebagian tulang rusuk. Fungsi hati yakni menyimpan darah dan energi dalam tubuh. Kanker hati merupakan penyakit yang umumnya disebabkan oleh virus hepatitis B dan C. Gejala-gejala kanker hati umumnya tidak nampak saat menderita pada tahun-tahun pertama. Namun akan timbul gejala umumnya setelah penyakit menjadi parah. Untuk pemeriksaan kanker hati hanya bisa dilakukan dengan USG (ultra sono grafi), CT scan, dan cek darah. 

Ada beberapa resiko penyebab kanker hati :
1.       Gender : laki-laki lebih rentang terkena kanker hati dibandingkan perempuan. Namun faktor lain yang saling berhubungan adalah faktor genetik (keturunan)
2.       Hepatitis : hepatitis (radang hati) B dan C kronis merupakan faktor resiko utama penyebab kanker hati. Resiko akan meningkat pesat jika seseorang menderita penyakit keduanya secara bersamaan.
3.       Sirosis hati : orang yang mempunyai sirosis hati mempunyai kemungkinan terkena kanker hati lebih besar dibandingkan dengan yang tidak memiliki.
4.       Gangguan metabolisme : beberapa gangguan metabolisme dapat meningkatkan resiko kanker hati. Co: hemochromatosis (penumpukan zat besi dalam hati)

Sumber : buku “pengetahuan praktis ragam penyakit mematikan yang sering menyerang kita”

Menurut saya kanker hati adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan hepatitis C yang telah mengindap dalam tubuh. Untuk pengecekan kanker hati sangat sulit dilakukan, pasalnya kanker hati jarang timbul gejala-gejala awal. Pengecekan hanya dapat dilakukan dengan cara USG, Ctscan, dan chek darah. Beberapa resiko penyebabnya antara lain gender, virus hepatitis B dan virus hepatitis C, sirosis hati, dan beberapa gangguan metabolisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar