Minggu, 20 April 2014

Jamur Shitake

Jamur hioko dan sering ditulis sebagai jamur shitake adalah jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia dengan nama aslinya dalam bahasa Jepang. Shiitake secara harafiah berarti jamur dari pohon shii (Castanopsis cuspidata) karena batang pohonnya yang sudah lapuk merupakan tempat tumbuh jamur shiitake. Jamur shiitake tumbuh di permukaan batang kayu yang melapuk dari pohon Castanopsis cuspidata, Castanea crenata (kastanye), dan sejenis pohon ek Quercus acutissima. Jamur beracun spesies Omphalotus guepiniformis terlihat agak mirip dengan jamur shiitake sehingga banyak orang yang tertipu dan keracunan.
Manfaat jamur shitake :
Meningkatkan imunitas dan melawan kanker
Jamur shiitake mengandung senyawa aktif yang disebutlentinan (suatu bentuk beta-glukan). Senyawa aktif tersebut merangsang sistem kekebalan tubuh serta  mengaktifkan sel-sel dan protein yang dapat menghambat pertumbuhan kanker dan anti radikal bebas. 

Mengurangi kolesterol
Menurut para peneliti di Lulea University of Technologi di Swedia, eritadenine, suatu senyawa dalam jamur shiitake memiliki kemampuan menurunkan kolesterol.

Mencegah penggumpalan darah
Jamur shiitake kaya lenthionine, yaitu senyawa alami platelet atau komponen darah yang berfungsi dalam mencegah trombosis (gumpalan darah beku yang menghambat aliran darah). 

Menurunkan berat badan
100 gram dari 1 porsi jamur shiitake yang dimasak hanya mengandung 56 kalori, sama sekali tanpa lemak, dan mengandung 2 gram serat. Selain itu, jamur shiitake juga tidak mempengaruhi kadar gula darah, sehingga membuat mereka makanan sempurna untuk diet. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi jamur ini secara berlebihan, karena dapat menyebabkan diare dan perut kembung.

Kaya akan zat tembaga
Seratus gram jamur shiitake yang dimasak mengandung 0,9 miligram zat tembaga yang merupakan 45 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Selain itu mineral lain pada jamur shiitake juga dapat membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang akhirnya membawa oksigen dari paru-paru ke sel-sel tubuh. Kekurangan zat tembaga dapat menyebabkan anemia, kulit yang buruk, rambut cepat beruban, dan bahkan osteoporosis.

sumber : id.wikipedia.com , http://health.okezone.com/read/2013/06/09/484/819353/shitake-jamur-antikanker-dan-kolesterol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar