Sabtu, 24 Mei 2014

Diabetes Millitus


Diabetes mellitus adalah suatu penyakit yang diakibatkan dari beberapa faktor. di indonesia penyakit ini dikenal dengan nama kencing manis. dan penyakit ini masuk kedalam 10 besar penyakit yang banyak diderita didunia. pankreas yang memproduksi insulin tak mampu banyak memproduksi insulin guna mencukupi kebutuhan. atau insulin yang dihasilkan tak bekerja optimal. akibatnya kadar gula dalam darah meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes. 






ada 3 tipe diabetes :
- tipe 1 (childhood-onset diabetes): dimana insulin yang dibutuhkan tubuh sudah sama sekali tidak diproduksi dalam tubuh. sehingga penderita harus di suntikan insulin selamanya. penerita: anak dan dewasa.
- tipe 2 (adult-onset diabetes): dimana insulin masih bisa diproduksi dalam tubuh tapi jumlahnya tak banyak. atau insulin yang diproduksi tidak bekerja secara optimal. penderita: rata-rata orang tua +40 th. dan orang obesitas.
- tipe 3 (gestational diabetes): yang terjadi hanya selama kehamilan dan pulih setelah melahirkan, dengan keterlibatan interleukin-6 dan protein reaktif C pada lintasan patogenesisnya. GDM mungkin dapat merusak kesehatan janin atau ibu, dan sekitar 20–50% dari wanita penderita GDM bertahan hidup. penderita: wanita

beberapa penyebab diabetes :
- jarang olah raga
- sering mengkonsumsi yang manis-manis
- faktor keturunan
- pola hidup tak sehat
- pola makan yang terlalu sering

tanda-tanda umum diabetes : 
- sering merasa haus
- sering merasa lapar
- sering mengantuk
- sering kencing
- badan lemas
- pengelihatan kabur
- turunnya berat badan

untuk memastikan apakah mengidap penyakit diabetes atau tidak, maka harus melakukan uji laboratorium dengan diambil sample darah atau urin. tetapi sebelum anda pergi ke laboratorium, anda harus berpuasa dahulu +- 9 jam. ataupun dengan menguji kadar gula sewaktu menggunakan alat khusus pendeteksi gula darah. dan jika hasilnya: 
- gula darah puasa lebih besar atau sama dengan 126 mg/dl
- gula darah 2 jam setelah makan lebih besar atau sama dengan 200 mg/dl
- gula darah sewaktu lebih besar atau sama dengan 200 mg/dl
maka anda positif (+) mengidap diabetes.

komplikasi :
- jantung
- paru
- buta
- stroke
- ginjal

penanganan :
- tak ada penanganan khusus untuk penderita diabetes. jika sudah terkena diabetes maka harus rajin berolah raga, berpuasa senin kamis, kurangi konsumsi manis-manis, jangan stress, dan jaga pola makan jangan sampai berlebihan, dan rutin konsumsi obat diabetes sesuai petunjuk dokter.
- jika gula darah sudah terlalu tinggi dan terjadi konplikasi, konsultasi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar