Sabtu, 24 Mei 2014

Pneumonia (Kanker Paru)

Kanker paru – paru (Pneumonia) adalah sebuah kondisi dimana adanya infeksi yang biasanya diakibatkan oleh jamur, bakteri atau virus di salah satu atau kedua paru – paru. Kondisi ini sama seperti kondisi flu pada umumnya seperti disertai gejala pilek, demam, batuk, sesak, dan sebagainya. Namun pada umumnya penderita pneumonia merasa demam mengigil pada malam hari dan napas terasa berat, disertai batuk yang tak kunjung sembuh. 

Biasanya pada kondisi parah, penderita biasanya mengalami batuk darah. Penderita pneumonia, kondisi paru – paru (alveoli) biasanya terdapat nanah. Hal ini diakibatkan karena adanya peradangan di tiap – tiap alveolus. Bila terjadi batuk hebat, alveolus – alveolus ini akan pecah, dan mengakibatkan darah keluar disertai batuk (batuk darah). 

Resiko menderita penyakit ini terus berlipat ganda saat penderita tersebut menderita penyakit diabetes ataupun AIDS. Dikarenakan sistem imun yang kurang dan infeksi jamur terus berkembang. Penyakit ini adalah penyakit menular. Karena, saat penderita bersin ataupun batuk. Maka, kuman – kuman menyebar melalui dropet udara. 

Pengobatan yang tepat untuk mengobati pneumonia adalah dengan antibiotik secara terus menerus selama beberapa bulan, sampai hasil rongten tidak ada lagi bakteri yang berkembang dan dinyatakan sembuh oleh dokter.
Adapun langkah sehat untuk mencegah pneumonia adalah :
1.       Berhenti merokok
2.       Olah raga rutin
3.       Vaksinasi flu
4.       Gunakan masker
5.       Menjaga kebersihan diri
6.       Dan diet seimbang untuk mencegah komplikasi

Sumber : http://www.persify.com/id/perspectives/medical-conditions-diseases/pneumonia-_-9510001031095

Tidak ada komentar:

Posting Komentar