Sabtu, 24 Mei 2014

Pertolongan Pertama Batuh Darah dan Muntah Darah

1. pertolongan pertama untuk penderita batuk darah:

batuk darah adalah batuk yang disertai darah. Biasanya dikarenakan adanya infeksi di saluran pernapasan (umumnya paru – paru). Batuk mengeluarkan darah ini biasanya darah berwarna merah segar disertai dengan adanya busa – busa di darah tersebut. 




Adapun pertolongan pertamanya adalah :
- tenangkan korban sejenak, jangan sampai korban mengalami stress dan panik. pada penderita-penderita penyakit tertentu, batuk darah memang wajar. asalkan jangan sampai 1/2 gelas per hari. 
- jangan menahan batuk sampai kondisi kembali lega. masalahnya darah yang ingin keluar lewat batukan jika ditahan akan menggumpal dalam tubuh.dan resikonya lebih tinggi jika darah yang menggumpal itu tdk keluar.
- masukan air es kedalam botol beling bekas sirup, lalu kompreskan botol itu ke dada korban. 
- beri minum segelas air teh tanpa gula (teh tawar) dengan air biasa (tidak panas/tidak dingin) kepada korban. 
- bila ada obat-obat untuk memberhentikan darah maka berikan.
- segera bawa korban ke penanganan medis terdekat (klinik/rumah sakit)

2. pertolongan pertama muntah darah:

muntah darah adalah adanya rasa eneg dan ingin muntah, lalu setelah dimuntahkan keluar darah atau muntah yang bercampur darah. muntah darah biasanya terjadi karena adanya luka pd lambung, keracunan, atau adanya benda asing yang masuk kesaluran pencernaan. lalu mengakibatkan pembuluh darah pd saluran cerna pecah dan mengakibatkan muntah darah.

adapun pertolongan pertama:


- tenangkan korban, jangan sampai korban panik.
- bila korban sudah berhenti muntahnya, beri susu tawar steril pd korban.
- bila korban memiliki riwayat sakit maag, gastritis, atau semacamnya. beri korban obat penetral asam lambung. dan segera bawa korban ke pertolongan medis terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar