Sabtu, 24 Mei 2014

Meningitis

Meningitis adalah peradangan selaput meningen yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. Penyakit ini adalah jenis penyakit menular. Untuk meningitis yang disebabkan karena bakteri, penularan dapat terjadi melalui batuk, bersin dan berciuman. Sedangkan untuk meningitis akibat virus penularan melalui kontak tinja dan dropet yang keluar saat batuk dan bersin. Gejalanya meliputi demam tinggi, sakit kepala, leher terasa berat, mual, muntah, kebingungan, kantuk, dan tidak nyaman saat melihat cahaya yang terang. Terkadang juga pasien bisa mengalami kejang.

Jenis bakteri yang mengakibatkan meningitis :

1. Streptococcus pneumoniae (pneumococcus).
Bakteri ini yang paling umum menyebabkan meningitis pada bayi ataupun anak-anak. Jenis bakteri ini juga yang bisa menyebabkan infeksi pneumonia, telinga dan rongga hidung (sinus).

2. Neisseria meningitidis (meningococcus).
Bakteri ini merupakan penyebab kedua terbanyak setelah Streptococcus pneumoniae, Meningitis terjadi akibat adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas yang kemudian bakterinya masuk kedalam peredaran darah.

3. Haemophilus influenzae (haemophilus).
Haemophilus influenzae type b (Hib) adalah jenis bakteri yang juga dapat menyebabkan meningitis. Jenis virus ini sebagai penyebabnya infeksi pernafasan bagian atas, telinga bagian dalam dan sinusitis. Pemberian vaksin (Hib vaccine) telah membuktikan terjadinya angka penurunan pada kasus meningitis yang disebabkan bakteri jenis ini.

4. Listeria monocytogenes (listeria).
Ini merupakan salah satu jenis bakteri yang juga bisa menyebabkan meningitis. Bakteri ini dapat ditemukan dibanyak tempat, dalam debu dan dalam makanan yang terkontaminasi. Makanan ini biasanya yang berjenis keju, hot dog dan daging sandwich yang mana bakteri ini berasal dari hewan lokal (peliharaan).

5. Bakteri lainnya yang juga dapat menyebabkan meningitis adalah Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis.


Pencegahan :
Pola hidup sehat seperti
Cuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas dan sebelum makan
Hindari berciuman
Hindari menggunakan peralatan bersama seperti gelas, sendok, lipstik, dll
Vaksinasi

Pengobatan :
Meningitis dapat diobati dengan beberapa anti biotik seperti rifamficin, siprofloksasin atau setriakson.


Sumber : http://mediskus.com/penyakit/meningitis-radang-selaput-otak.html , id.wikipedia.org , http://caluks.blogspot.com/2011/12/mengenal-apa-itu-meningitis.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar