Jumat, 29 Maret 2013

Beberapa jenis asupan penurun kolesterol

penurunan kadar Low density lipoprotein (LDL) yang merupakan zat tunggal yang membentuk kolesterol dapat dilakukan dengan cara alami. Dengan mengkonsumsi beberapa asupan berikut ini dipercaya akan menurunkan kadar LDL.

1. kacang kedelai
makanan olahan dari kacang kedelai seperti tempe, tahu, susu, dll dipercaya dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. ini karena terdapatnya kandungan isoflavon (zat penekan kadar LDL). menurut BPOM AS (FDA), kita dianjurkan mengkonsumsi 25gr/hari kacang kedelai untuk menurunkan kadar kolesterol. namun ini tidak efektif jika pengolahan kacang kedelai dilakukan sembarangan. seperti menggunakan minyak jelantah untuk menggoreng tempe.

2. kacang-kacangan
terutama pada jenis kacang almond dan walnut. pada kedua jenis kacang ini terdapat zat asam lemak tak jenuh yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis. selain itu pada jenis kacang - kacangan mengandung pula vit.E, magnesium, dan phytochemical. mengkonsumsi kacang - kacangan selama 6 minggu dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10%. namun pengkonsumsian kacang tidak boleh berlebihan pula.

3. alvokad
pengkonsumsian 1 buah alvokad berukuran sedang / hari cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan lemak tak jahat.

4. bawang putih
bawang putih dipercaya dapat mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan dapat mencegah partikel LDL menempel di pembuluh darah.

5. bayam
di rekomendasikan mengkonsumsi bayam setengah mangkuk setiap hari untuk mencegah penumpukan LDL pada pembuluh darah. bayam memiliki kandungan lutein yang dapat menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

6. margarin
margarin yang dibuat dari minyak biji buah kanola dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.

7. teh
teh memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang dapat membuat pembuluh darah menjadi rilex. selain itu kandungan flavonoid pada teh dapat mencegah oksidasi.

8. cokelat
dark coklat (tanpa susu) memiliki kandungan yang sama seperti teh dan dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.

9. oatmeal
mengandung serat larut yang dapat mengikat LDL. dianjurkan mengkonsumsi oatmeal dicampur dengan pisang untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari.

10. minyak zaitun
mengandung antioksidan potensial yang dapat menurunkan kadar LDL. direkomendasikan menambahkan 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari pada menu makanan.

11. anggur
anggur mempunyai zat catechin yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

12. ikan
ikan sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar LDL dalam darah. karena ikan mempunyai kandungan omega 3 tinggi.

sumber : buku "pengetahuan praktis ragam penyakit mematikan yang paling sering menyerang kita"

menurut saya apapun makanannya terlebih lagi dalam kandungan makanan tersebut memiliki zat omega3, fiber(serat), dan antioksidan. maka makanan itu sangat direkomendasikan sebagai makanan penurun LDL dalam darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar