Minggu, 17 Maret 2013

pengalaman membuat sistem informasi

Saat kuliah ku memasuki tingkat ke dua, disini terdapat tugas pembuatan software seperti saat aku kelas satu dulu. Gagal dengan pembuatan software berbasiskan pembelajaran geografi (I-Map). Kali ini aku tidak mau gagal secara total kembali.

Berawal saat pembuatan kelompok. Setelah itu kali lekas segera memikirkan ide perkiraan program apa yang akan dibuat. Dengan berstudikan basis data + pemrograman Visual Basic 6 + Interaksi Manusia Komputer, maka kami sepakat untuk membuat program pemesanan tiket bioskop on-line (Bios Cop 2KA17) dengan Visual Basic 6 dengan bahasa pemrograman utama dan Sql sebagai databasenya. 

Tujuan kami memilih pembuatan program ini adalah program ini adalah program sedikit kompleks namun sederhana. Selain itu kami melihat bahwa beberapa bioskop di indonesia belum menyediakan software untuk melihat informasi tentang apa film yang akan diputar, deskripsi tentang film, harga film, serta pembelian langsung yang dapat digunakan oleh semua orang. Sehingga saat seseorang ingin menonton film dibioskop, maka orang tersebut dapat melihat dulu penjelasan-penjelasan tentang film pada komputer yang terdapat didekat bioskop.

Selanjutnya kami menuju rumah salah seorang anggota kelompok untuk mengawali pembuatan program.  Sesampainya disana, kami lantas memikirkan menu-menu, sub menu, dan field-field apa saja yang akan dipergunakan dalam pembuatan program kami. Mulai dari objek sasaran, pemilihan background, pengadaan timeleft, proses transaksi pembayaran, sampai deskripsi tentang film yang akan diputar beserta dengan atributnya. 

Setelah semua pemikiran itu terkumpul, selanjutnya kami mulai melakukan live coding secara pararel dan seksama. Sebagian dari kami yang mengerti akan database, membuat dan menyusun field-field untuk database kami. 

Field demi field disusun, sub-menu demi sub-menu kami rangkai. Setelah database dan program selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah mengsinkronisasikan program dan database yang telah kami buat. Namun, disini kami sedikit kesulitan karena diperkuliahan kami hanya diberikan pengajaran pemrograman standart dan itupun non database seperti program segitiga, nama+npm, luas bagun, dll. Namun kami kali ini harus membuat program kompleks dengan database. Sadar akan kemampuan kami yang kurang. Akhirnya kami sepakat untuk googleing dan akhirnya sedikit demi sedikit database dan program tersinkronasi. Namun belum 100% run dan itupun masih terdapat banyak bug trap-bug trap yang ada. 

Sadar akan deadline sudah semakin dekat. Maka kami memutuskan untuk finishing program kami dan segera melakukan persentasi agar tugas kami ini cepat selesai. Harapan saya program ini dapat diimplementasikan, direvisi, dan dimanfaatkan dengan sebenarnya.

Adapun beberapa kesuliatan dalam membuat program ini :
-          - Pemilihan bahasa pemrograman yang pas dan mudah untuk dibuat
-          - Pemilihan latar belakang
-          - Penggarnisan program
-          - Pemilihan menu-menu yang akan dibuat
-          - Pembuatan menu pemilihan tempat duduk
-          - Beberapa syntax pada Visual Basic dan Sql sulit untuk dimengerti
-            menentukan field yang akan digunakan beserta perkiraan tipe data yang akan digunakan
-            dan mengsinkronisasikan antara program dengan database
Bug :
-          - pemilihan tempat duduk
-          - sistem output resi pembayaran
-          - timeleft crash

Tidak ada komentar:

Posting Komentar