Jumat, 29 Maret 2013

hardware, software, brainware



Hardware, software dan brainware

Komputer adalah sebuah mesin pembantu yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Secara umum komputer akan berdaya guna jika memiliki 3 komponen utama. Adapun ketiga komponen utama tersebut adalah :
Hardware (perangkat keras)
komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai hardware atau Perangkat Keras. Secara umum perangkat keras diklasifikasikan menjadi 3 bagian: perangkat keras input (yang berfungsi untuk memasukan data, contoh keyboard, joystick, mouse), perangkat keras output (yang berfungsi untuk menampilkan informasi, contoh monitor, printer, ploter, speaker), dan perangkat keras proses (yang berfungsi untuk memproses data menjadi informasi, contoh processor, RAM, harddisk).

Software (perangkat lunak)
data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh : operating system, web browser, dan utilitas-utilitas lainnya.

Brainware (perangkat manusia)
Merupakan orang yang mengoperasikan komputer agar komputer itu berjalan dan mengolah data menjadi informasi. Contoh : operator, programmer, netter, dll.

sumber : http://ghadinkz23.blogspot.com/2012/04/pengertian-hardware-software-dan.html

menurut saya hardware, software, dan brainware adalah komponen utama untuk mendayagunakan sebuah komputer. komputer yang berdaya guna adalah komputer yang dapat mengolah data menjadi sebuah informasi yang jelas. secara umum hardware adalah alat-alat (benda) yang memiliki tujuan IOP yang terhubung pada komputer. software adalah utilitas-utilitas program yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi. program ini tidak dapat kita pegang (tidak berbentuk) namun dapat kita lihat dan gunakan seutuhnya (nyata). sedangkan brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer agar komputer tersebut berkerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar