Kamis, 28 Maret 2013

kanker serviks (kanker leher rahim)

kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada daerah serviks uterus (terletak diantara rahim dan vagina). umumnya kanker serviks terjadi pada wanita yang telah berumur. namun beberapa data pun menunjukan kanker serviks dapat terjadi pada wanita antara 20-30 tahun. awalnya kanker rahim merupakan pertumbuhan sel-sel abnormal pada leher rahim. setelah bertahun-tahun maka sel-sel tersebut akan berubah menjadi kanker rahim. kanker rahim pun dapat disebabkan oleh rokok. data menunjukan wanita perokok lebih tinggi beresiko kanker rahim. tidak ada tanda-tanda khusus dari kanker serviks, namun jika anda mendapati perubahan cairan pendarahan saat setelah melakukan aktivitas seksual ataupun diantara masa mensturasi sebaiknya anda tanyakan pada dokter.

pemeriksaan yang benar untuk mendeteksi kanker rahim adalah dengan cara tes pap smear dan hasilnya akan di lihat di laboratorium untuk melihat adakah tanda-tanda kanker serviks tersebut.

biasanya pengobatan yang akan dilakukan setelah dideteksi adanya sel kanker rahim adalah dengan cara pemanasan diathermy (sinar x ray) atau cone biopsy (pengambilan sel kanker).

sumber : buku "pengetahuan praktis ragam penyakit mematikan yang paling sering menyerang kita"

menurut saya kanker rahim adalah pertumbuhan terdapatnya sel kanker yang berada pada daerah serviks uterus. secara global kanker rahim dialami pada wanita < 20 tahun. kanker rahimpun dapat disebabkan oleh rokok. data menyebutkan mereka wanita yang merokok lebih besar berpotensi kanker rahim. kanker rahimpun sulit dideteksi, namun jika anda mendapati perubahan cairan pendarahan setelah melakukan aktivitas seksual ataupun diantara masa mensturasi maka sebaiknya tanyakan pada dokter. pendektesian akurat adalah dengan cara tes pap smear.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar