Kamis, 21 Maret 2013

endorphin

endorphin (endogenous morphin) adalah hormon alami yang dihasilkan oleh tubuh kita ketika kita merasa bahagia, gembira, ataupun senang. hormon ini sama seperti bahkan 200x lebih kuat dibandingkan morphin (zat narkotika). endorphin mampu memberikan perasaan senang gembira, relax, nyaman, bahkan hormon ini dapat menghilangkan rasa sakit yang kita derita.

dalam ilmu kebidanan beta-endorphin yang dihasilkan oleh kelenjar pituititary dibutuhkan untuk menahan rasa sakit selama seorang ibu dalam proses persalinan.

lalu bagaimana cara kita mendapatkan hormon endorphin ini?

endorphin adalah senyawa yang dihasilkan oleh sebuah kelenjar pituititary yang tepat berada dibawah otak. kelenjar ini akan menghasilkan endorphin jika kita sedang merasa bahagia, senang, dan gembira. contoh mudahnya adalah saat kita sedang menonton sebuah film komedi yang membuat kita menjadi tertawa terbahak-bahak. maka biasanya saat kita menonton film tersebut maka kita akan lupa pada segalanya.
sumber : http://www.naqsdna.com/2012/01/endorfin-si-hormon-dewa-kebahagiaan.html (21 maret 2013)

merurut saya, jika kita ingin meraih endorphin maka mulailah berpikir positif, hindari stress, pasrah dan tawakal kepada Illahi dan tetaplah semangat dalam menghadapi hidup adalah kunci awal jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan. hadapi semua permasalahan dengan kebahagiaan.
tetap semangat ya teman. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar